Review Jurnal Sistem Informasi Manajemen Penjualan Pada PT Brikasa Palembang

Review ini dilakukan oleh:

Nama : Ilham Jamil Mustaqim
NPM : 13116425
Kelas: 2KA32

Link Jurnal : Sistem Informasi Manajemen Penjualan Pada PT Brikasa Palembang

Judul : Sistem Informasi Manajemen Penjualan Pada PT Brikasa Palembang

Studi Kasus : PT Brikasa Palembang

Penulis : M. Alfath Napian, Hikmah Ade Permatasari, Dedy Hermanto

Abstraksi

Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi manajemen dari PT.Brikasa Palembang yang berbasis aplikasi desktop sehingga dapat mempermudah, mempercepat, dan mengurangi tingkat kesalahan dalam pengolahan data penjualan dari para pegawai di PT.Brikasa Palembang. Untuk mengimplementasikan metode RUP (Relational Unified Process) sistem penulisannya menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 dan Microsoft Sql 2008 sebagai database. Dengan adanya sistem ini diharapkan akan mempermudah para perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang ada pada penjualan produk-produknya dan semoga dapat meningkatkan kinerja pada bagian By product PT.Brikasa Palembang.

Pendahuluan

Perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk samping  dan Dry Ice adalah PT.Brikasa Palembang. Dalam penjualan dan persediaan barangnya perusahaan tersebut masih mengguanakan Microsoft Excel sehingga penyimpanan datanya masih terpisah anatara file pelanggan setia yang selalu membeli barang dari perusahaan, berapa produk yang terjual, produk mana yang sering terjual. Hal tersebut sangatlah berpengaruh dalam pengambilan keputusan untuk penjualan dan persediaan produk pada periode yang akan datang.

Oleh sebab itu PT.Brikasa Palembang membutuhkan sistem informasi manajemen yang dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah dan memantau data penjualan perusahaan sehingga tidak ada lagi data yang hilang maupun data yang tidak terinput.

Metode Penelitian

Metode penelitian ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengunakan metodologi RUP (Relational Unified Process) atau sebuah hproses pengembangan perangkat lunak yang dilakukan secara berulang dan bertahap
  2. Microsoft Visual Studio dan Microsoft SQL server sebagai databasenya
  3. Crystal Reports sebagai penyajian laporan berdasarkan data yang telah diolah dan dirancang di database atau bisa disebut output laporan dari database yang sudah dibuat.

Pembahasan

Dalam pembuatan aplikasi sistem informasi manajemen yang dibuatkan untuk PT.Brikasa Palembang analisis sistem yang berjalan yaitu analisis permasalahan yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh PT.Brikasa Palembang, analisis Kebutuhan yang digunakan untuk mengguanakan diagram use case dan tabel glosarium use case yang mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan, lalu ada analisis kelayakan  merupakan pengidentifikasian apakah pengembangan sistem yang dilakukan sesuai dengan organisasi / perusahaan dan seberapa praktis pengembangan sistem tersebut terhadap perusahaan.

Dalam perancangan sistemnya form login akan muncul terlebih dahulu ketika kita membuka aplikasi desktop tersebut. Username mengguanakan nama pegawai dan passwordnya diberi oleh pihak perusahaan, lalu ada form utama digunakan untuk dapat mengakses menu di aplikasi berdasarkan jabatannya. Form pembelian digunakan untuk menginput data pembelian produk yang nantinya akan dijual kepada pelanggan dan di dalam form ini terdapat tanggal pmbelian, nomor pembelian dan kode produk, yang terakhir form penjualan digunakan untuk menginput data penjualan produk yang dijual kepada pelanggan Di dalam form penjualan ini terdapat tanggal, SPPB yang merupakan dari nomor surat penyerahan pengeluaran barang, Id pelanggan, nama produk, kode produk, harga, satuan, stok, jumlah, total produk dan total penjualan.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa:

  1. Dengan adanya sistem informasi penjualan ini dapat dihasilkan laporan-laporan penjualan maupun pelanggan yang membeli, sehingga manager bisa mengambil keputusan yang baik dan benar dalam kegiatan perusahaan
  2. Database yang digunakan pada sistem ini dapat mempermudah kegiatan transaksi sehingga data-datanya tidak tercampur antara satu dan yang lainnya bahkan akan saling terhubung satu sama lain, dan tidak akan kehilangan data seperti sistem yang sudah lama digunakan.
  3. Laporan yang dibuat pun hanya membutuhkan waktu yang singkat dalam menyelesaikan laporan tersebut

Saran :

  1. Perusahaan perlu melakukan back-up data secara berkala baik dalam per bulan maupun per tahun untuk menghindari terjadinya kehilangan data akibat kerusakan pada sistem.
  2. Aplikasi harus segera di kembangkan pada setiap bulan ataupun setiap tahunnya agar aplikasi bisa sesuai kebutuhan dan aplikasi pun menjadi efektif digunakan oleh para pegawai

DAFTAR PUSTAKA

[1] A.S, Rosa, 2011, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Modula, Bandung.

[2] Fatta, Hanif Al, 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

[3] Komputer, Wahana, 2010, Short Course SQL Server 2008, Andi Offset, Yogyakarta.

[4] Pressman, Roger S, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak edisi 7, Andi Offset, Yogyakarta.

[5] Reeve, James M  et.al, 2009, Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

[6] Sadeli, Muhammad, 2009, Visual Basic.net 2008 untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang.

cukup sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf kalo ada salah-salah kata

Jamil

こと

Ilham Jamil Mustaqim

でした

じゃあまったね

Sampai Jumpa Lagi

ありがとうございました

Terima Kasih

 

Leave a comment