Google Assistant : Assistant Virtual yang menggunakan Voice Search

TUGAS 1 SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN

Materi : Google Asisstant merupakan assistant virtual kita

Kelas : 3KA32

Nama Anggota :

  1. Anom Bagas (10116963)
  2. Ilham Jamil M. (13116425)
  3. Jay Firdaus A. (13116684)
  4. Mochammad Setiawan (14116467)
  5. Ristia M. Panji (16116506)

Artificial Intelligence / AI adalah kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/ komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. AI yang akan kita bahas kali ini yaitu google assistant  yang bisa melakukan pencarian di internet menggunakan suara dan bahasa kita.GA.jpg

Google Assistant adalah evolusi dari Google voice search dan Google Now. Saat ini, memang eranya Artifical Intelegent, Internet Of Thing dan Mobile. Google Search bukan lagi di pakai dengan browser untuk mencari tutorial atau resep makanan.

Google sadar bahwa masa depan pencarian adalah Personal Search atau lebih tepat personal Assistant yang digambarkan di film-film fiksi ilmiah. Komputer di film sci-fi diberi perintah dengan suara dan menampilkan hasilpun tidak selalu dengan tampilan visual, kadang jawaban yang didapat adalah jawaban natural seperti layaknya seorang bos berbicara pada sekretarisnya.

Berbeda dengan cortana dan siri, Google Assistent keluar dari Browser dan terintegrasi keberbagai perangkat hardware buatan Google. Cortana fokus ke smartphone dan desktop sama dengan siri.

<


Bisa melakukan apa sajakah google assistant ?

  1. Bisa Membaca Berita

Fitur yang tak banyak diketahui adalah asisten virtual ini sebenarnya dapat membaca berita berdasarkan topik yang disukai pengguna dan preferensi dari penggunanya. Uniknya, topik yang dibacakan benar-benar serupa dengan seseorang yang membaca berita, dan tak sekadar speech-to-text.

Untuk mengaktifkannya, kamu cukup membuka aplikasi Google, lalu pilih Settings. Setelah itu, buka Google Assistants, pilih Settings dan News. Dalam kolom ini, kamu bisa memilih beragam sumber yang dapat dibacakan isi beritanya.

  1. Dapat Melakukan Beragam Konversi

Tak ubahnya Google Search, kamu juga bisa menanyakan tentang suatu hal termasuk melakukan konversi di Google Assistant. Cukup mengatakan hal yang ingin kamu ketahui, maka Google Assistant akan memberikan jawaban.Beberapa pertanyaan yang dijawabnya adalah ‘Berapa kilometerkah, 10 meter itu?’ atau ‘Berapa banyak dollar Amerika dari 6.000 Rupiah?.’ Tak hanya itu, pengguna dapat mengetahui perbedaan waktu di antara dua negara cukup dengan mengajukan pertanyaan serupa.

  1. Menerjemahkan Kalimat

Tak hanya Google Search, asisten virtual ini juga dibekali dengan kemampuan Google Translate. Karenanya, pengguna dapat meminta Google Assistant menerjemahkan sebuah kata atau kalimat sekalipun. Sebagai contoh, kamu dapat bertanya ‘Apa bahasa Spanyol untuk Halo?’. Nantinya, hasil terjemahan akan ditampilkan di layar bersamaan dengan pengucapan sebenarnya.

  1. Mencari File di Aplikasi

Integrasi Google Assistant pada sejumlah aplikasi Google, membuat asisten virtual ini dapat mencari file di dalam aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang dapat memanfaatkan fitur Google Assistant adalah Google Photos. Sebagai contoh, kamu dapat memintanya membuka foto secara spesifik yang disimpan di Google Photos. Kamu cukup menyertakan keterangan foto yang dimaksud atau waktu pengambilannya. Asisten virtual ini juga dapat membacakan SMS dari aplikasi Messenger Google, tapi sayangnya fitur ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga.

  1. Memutar Musik dan Video

Kamu juga dapat meminta Google Assistant untuk memutar musik dan video dari layanan milik Google, seperti Google Play Music dan YouTube. Perintah yang dilakukan pun cukup sederhana, seperti ‘Mainkan Daft Punk’ atau ‘mainkan Daft Punk di YouTube’. Namun perintah ini belum dapat diberikan untuk aplikasi pihak ketiga. Karenanya, kamu tak bisa meminta Google Assistant untuk memutar musik dari Spotify atau video dari layanan lain, dan kemampuan menarik lainnya yang bisa dilakukan oleh Google Assistant.

Refrensi :

https://www.liputan6.com/tekno/read/2929722/5-kemampuan-google-assistant-yang-tak-kamu-ketahui

Mengenal Google Assistant

 

Leave a comment